Pentingnya Sebuah Niche Dalam Setiap Blog

Pena-indigo.com - Mau buat Blog tapi bingung niche apa yang paling mahal dan menarik ?  Pertanyaan seperti ini sepertinya selalu ada di benak para pemain Blogger, terutama bagi pemula seperti saya. Untuk menjawabnya, ada baiknya kita ketahui dahulu apa sih Niche Blog itu?

Niche Blog kalau menurut saya adalah tema,topik atau bahasan yang kita ulas dalam situs.

Ada banyak sekali jenis niche blog yang umumnya di ulas oleh penulis, misalnya tentang kesehatan, olahraga, asuransi, desain rumah, SEO dan Blooging, teknologi, pendidikan dan lain-lain.



Apa pentingnya sebuah Niche bagi sebuah Blog?

Tentu sangat penting, dengan menentukan sebuah Niche, kita dapat memfokuskan artikel menjadi lebih terarah, professional dan menigkatkan peringkat SEO.

Apa salahnya jika saya membuat blog campur aduk tema (Blog Gado-gado)?

Sebenarnya tidak ada salahnya sama sekali, hanya saja kemungkinan untuk mencapai peringkat di Google Search Engine akan semakin sulit. Berbeda dengan suatu blog yang terfokus dalam satu titik bahasan, selain isi yang berbobot, satu niche juga akan lebih membuat penulis lebih menampakkan jati dirinya. Dan mendorong visitor untuk lebih menilai bahwa ia adalah orang yang benar-benar mahir dalam postingan artikel-artikelnya.

Lebih bagus mana Niche berbahasa Indonesia atau berbahasa luar negeri?

Jika kamu seorang yang mahir berbahasa Inggris misalnya, tidak mengapa kamu buat artikel berbahasa Inggris. Tetapi jika masih pas-pasan lalu menggunakan translate untuk merubahnya menjadi berbahasa Inggris, sepertinya kurang di anjurkan.

Jika kamu paksakan untuk membuat blog berbahasa Inggris, selain akan mempersulit diri untuk mencari kata-kata yang benar, blog berbahasa Inggris juga akan lebih sulit bersaing dengan blog di luar negeri yang jumlahnya jauh lebih banyak dari blog dalam negeri. Belum lagi jika harus bersaing dengan yang namanya kata kunci, persaingannya berkali-kali lipat bila dibandingkan dengan blog berbahasa Indonesia.

Saya memilih blog bule karena CPC nya tinggi

Mungkin ada benarnya jika CPC dari luar negeri memberikan nilai yang lebih tinggi bila dibandingkan dari dalam negeri. Kita bisa mendapatkan $0,4-$1 jika klik datang dari negara maju seperti Amerika, Kanada dan lain sebagainya. Tetapi untuk mendapatkannya tentu jauh lebih sulit karena persaingan diluar sana terlalu ketat.

Mungkin jalan keluarnya adalah dengan membeli artikel khusus blog bule, banyak kok penyedia konten artikel yang bisa kita manfaatkan dengan cara membelinya. Banyak juga yang dari negeri kita misalnya indonesianwritter.com, pursuingmybule.com dan lain-lain. Kisaran harganya juga tidak terlalu mahal, tergantung jumlah kata dalam setiap artikelnya.

Biasanya untuk kisaran harga artikel berbahasa Indonesia, kamu harus mengeluarkan Rp. 10.000 = 300 kata, Rp. 15.000 = 500 kata dan Rp. 30.000 untuk 1000 kata. 

Sedangkan untuk blog berbahasa Inggris, Rp. 15.000 untuk 300 kata, Rp. 25.000 untuk 500 kata dan Rp. 35.000 untuk 1000 kata. kamu tertarik?

Dengan cara ini, kamu akan mendapatkan artikel ori berkualitas dan yang pastinya bukan dari hasil Copas. 

Nah, misalnya kamu sudah memutuskan untuk membuat blog bule, kamu juga perlu membuat artikel dengan nilai CPC yang tinggi, sekaligus banyak dicari di Search Engine. Repot nggak ya.

Memadukan dua sisi itu agak sulit, tapi bukan tidak mungkin. Berdasarkan penelitian, eh penelitian siapa ya? Harga CPC tertinggi masih dipegang oleh Negeri Paman Sam (USA), sedangkan niche dengan harga paling mahal,yaitu konten yang bicara soal asuransi dan kesehatan.

Negara mana yang CPCnya tertinggi dan mana yang terendah?

Sebelum masuk ke pembahasan, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu apa yang dimaskud CPC. CPC adalah singkatan kata dari Cost Per Click, jika dialihbahasakan menjadi bahasa indonesia menjadi BPK ( Biaya per Klik). 

Secara istilah, CPC/BPK mempunyai pengertian besaran biaya yang dikeluarkan oleh pihak pengiklan kepada publisher ketika seseorang meng klik iklan yang berada pada situs web atau konten Youtube. 

Dengan pengertian yang sudah disebutkan diatas, maka akan tergambar negara mana yang mampu membayar periklanannya di Google atau jasa lainnya. 

Negara-negara maju seperti USA, German, Kanada dan lain-lain masih menduduki peringkat teratas dengan harga CPC tertinggi di dunia. Nilai CPC yang ditawarkan oleh mereka berkisar $0.1 - $2 dolar per klik tergantung niche yang dibahas dalam suatu blog. 

Sedangkan negara-negara lainnya yang belum tergolong maju seperti India, Srilanka, Bangladesh dan lain-lain merupakan negara yang termasuk kedalam CPC rendah. 

Lalu bagaimana dengan Indonesia? Walaupun bukan termasuk kedalam negara dengan CPC tinggi, tetapi Indonesia masih dalam batas lumayan. Pada umumnya CPC dari Indonesia kisaran Rp. 100 hingga Rp. 700. Kadang lebih tinggi dari itu, kadang pula lebih rendah. Bahkan tak jarang nilai CPC kisaran Rp. 20 - Rp. 40.

Masalah ini sering menjadi keluhan oleh banyak publisher Adsense,namun bagaimanapun itulah hasil dari sebuah kerja keras. Harus disyukuri dan dinikmati. 

Berikut ini adalah daftar 10 negara dengan CPC tertinggi . 

1. United States
2. Australia
3. Canada
4. Marshal Islands
5. United Kingdom
6. Germany
7. Swiss
8. Brasil
9. New Zealand
10. Italia

Niche Blog tentang apa yang mempunyai CPC tertinggi?

Bicara masalah niche atau topik blog apa yang mempunyai harga mahal tentu berkaitan dengan Adsense. Pertanyaan-pertanyaan ini biasanya sering muncul ketika seseorang baru akan memulai membangun sebuah blog.

Tetapi sebelum masuk lebih lanjut, perlu pastikan niat kita terlebih dahulu. Kita membuat blog bertujuan untuk menyalurkan hobi atau mencari rezeki?

Jawabannya beragam, tetapi pada intinya ketika seseorang membuat blog tujuannya disamping menyalurkan ilmu dan hobi, ujung dari semua itu adalah sebuah earning atau penghasilan tambahan.

Jika tujuan awal kita ketika menulis artikel adalah mendapatkan penghasilan tambahan maka hasilnya akan sulit terwujud. Mengapa? karena kita terfokus untuk duit dan duit. Akhirnya kita bingung mau buat artikel apa, ide untuk menyalurkan hobi pun hilang. Pada titik rendahnya, kita terhenti di tengah jalan tanpa mendapat hasil apapun. Hobi dan ilmu tidak tersalurkan dan penghasilan pun semakin jauh melayang ke angkasa.

Akan lebih jika luruskan niat terlebih dahulu, buat sesuatu yang luar biasa. Buat mereka kagum atas topik yang sedang kita bahas.

Selain mempermudah mencari ide, kita juga akan lebih mampu mengeluarkan kemampuan diri yang selama ini terpendam. Jalan akan semakin terbuka lebar dan kita pun mudah untuk melaluinya. Percaya?

Kembali ke sub bahasan utama yaitu tentang niche blog dengan harga CPC tertinggi.

Disini akan kita bagi menjadi dua bagian, Niche blog Indo dan Niche Blog Bule.

Niche CPC tinggi dipengaruhi oleh bidding (pelelangan) pengiklan yang akan menayangkan iklannya di blog kita. Semakin banyak pengiklan yang bersaing, maka CPC yang diperebutkan semakin tinggi.

Sebaliknya jika niche Blog kita tidak minim persaingan, maka CPC nya pun akan rendah dan penghasilan dari Adsense relative lebih kecil.

Berikut ini Niche Indo dengan CPC tertinggi di tahun 2019 dan tidak akan jauh berbeda pada tahun 2020 ini.

- Kesehatan

Tingginya permintaan pada lelang iklan Adsense, membuat niche blog tentang kesehatan menjadi yang tertinggi di tahun 2019 lalu. Pada niche ini banyak pengiklan yang bersaing berupa obat-obatan, skin care rumah sakit dan lain-lain.

- Bisnis dan Keuangan

Untuk topik ini layak menjadi niche dengan bayaran tertinggi karena umumnya dikonsumsi oleh kalangan pebisnis dan rata-rata pendidikan tingkat atas.

- Otomotif

Selanjutnya niche blog dengan bayaran mahal adalah yang membahas tentang dunia otomotif. Alasannya adalah karena dibidang otomotif para pengiklan berisikan para pemodal besar, sehingga mereka berani membayar mahal bagi blog yang relevan dengan barang yang dipasarkannya.

- Asuransi

Selanjutnya pengiklan dari sektor asuransi juga termasuk dalam pemberi bayaran CPC tinggi di Indonesia. Asuransi jenis apapun, baik itu asuransi kesahatan, asuransi jiwa, asuransi pendidikan, perumahan dan lain-lain erat kaitannya dengan jasa keuangan dalam jumlah besar. Itulah sebabnya, mengapa mereka berani membayar mahal iklan, demi mendapatkan member baru.

- Teknologi

Persaingan di ranah teknologi juga tidak kalah ketat, bagaimana tidak? Jutaan produk teknologi seperti Gadget, elektronik setiap hari maju dengan pesatnya. Para pengiklan berlomba agar produk buatannya mampu bersaing di pasar, sehingga rela memberikan bayaran mahal kepada pengiklan termasuk Adsense.

- Kosmetik dan Busana

Dua topik ini erat kaitannya dengan yang namanya kebutuhan wanita, berbagai produk juga bersaing untuk mendapatkan pelanggan yang mayoritas adalah perempuan. Bagi para pengiklan, ini adalah peluang bisnis yang sangat besar.

Saya persingkat saja dan kita lanjut ke Niche blog Bule dengan CPC tertinggi. Berikut ini daftarnya :

1. Insurance ($58)
2. Gas/Listrik ($54)
3. Mortgage ($47)
4. Attorney ($47)
5. Loan ($44)
6. Lawyer ($42)
7. Donate ($42)
8. Conference Call ($42)
9. Degree ($40)
10. Credit ($38)

Bahkan ada satu niche yang harganya hingga $1000, yaitu tentang Mesothelioma, sebuah penyakit yang menutupi paru-paru dan lambung , hingga kini belum ditemukan obatnya.

Setelah ulasan yang saya berikan, anda sekarang bisa menentukan niche blog apa yang dibahas didalam blog anda. Tentunya sebelum memutuskan untuk memilih yang mana, pertimbangkan kelangsungan blog yang akan anda bangun, sembari mengharap penghasilan yang memadai dengan kita membangun sebuah situs atau blog


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel