Cara Mempercepat Loading Page Pada Blog

Pena-indigo.com - Mempunyai blog dengan loading page kecepatan tinggi menjadi suatu keharusan bagi semua blogger. Mengapa demikian? jawabannya tentu berkaitan dengan visitor yang akan berkunjung ke situs kita.

Mungkin banyak dari blogger yang beranggapan, bahwa dengan memasang banyak slot iklan akan memberikan pendapatan yang besar. Justru dengan banyaknya kode iklan yang bejubel, blog menjadi tidak rapi, terlihat kurang professional, dan yang pasti akan memperberat halaman ketika akan dimuat. 



Pada umumnya visitor yang rencananya akan datang kesitus kita tertarik dengan salah satu judul postingan yang terlihat di Google Search. Namun ketika ia akan membuka alamat situs tersebut ternyata memakan begitu banyak waktu dan akhirnya memutuskan untuk segera menutup tab dan beralih ke situs yang lain. 

Jika ini dibiarkan maka kemungkinan blog yang selama ini kita bangun lambat laun akan di acuhkan oleh calon penunjung dan Google tidak lagi merekomendasikan sebagai rujukan. 

Bagaimana Cara Mempercepat Loading Blog? 

Pada platform milik google ini memang cukup banyak cara agar blog menjadi fast load. Misalnya dengan menggunakan template yang responive dan saat ini sudah banyak penyedia template blog yang mempunyai fitur fast load. 

Selain itu, ada beberapa hal yang bisa anda lakukan sendiri. Yaitu dengan mengatur beberapa settingan agar blog tidak lelet. 

1. Gunakan Script Lazy Load

Script ini bisa anda manfaatkan untuk mempercepat pemuatan blog. Sebelum memasangnya coba anda cek terlebih dahulu seberapa kecepatan blog anda, baik dalam tampilan mobile atau Desktop. 
Anda tertarik untuk mencobanya kunjungi https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/

Lalu sekarang letakkan kode dibawah kedalam Template Edit HTML, letakkan antara kode <head> dan </head>. 

<script charset='utf-8' src='http://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.3.2/jquery.min.js' type='text/javascript'/>
   <script src='http://cuerosb.googlecode.com/files/cueros%20-lazyload.js' type='text/javascript'/><script charset='utf-8' type='text/javascript'>$(function() {
        $(&quot;img&quot;).lazyload({placeholder :
        &quot;https://lh5.googleusercontent.com/_u4rBCfM4eII/TXksAi6R_OI/AAAAAAAABZY/2k63Mrtswf0/grey.png&quot;,threshold
        : 200});
        });
</script>


Klik Simpan dan test lagi di Google Insight

2. Kurangi Penggunaan Widget

Menampilkan banyak widget masih sering dilakukan oleh blogger, mungkin tujuannya adalah agar tampilan blog menjadi lebih menarik. 

Namun, pada kenyataannya widget yang terlalu banyak akan memperberat dimuatnya suatu halaman blog. 

3. Perkecil Ukuran Gambar

Gambar yang ada dalam artikel memang membuat tulisan kita menjadi semakin menarik. Dengan adanya gambar, pengunjung akan lebih mudah mengerti maksud dari isi artikel. 

Di balik hal itu, pemasangan gambar yang mempunyai ukuran besar juga mempengaruhi kecepatan sebuah blog. Bahkan ada satu gambar yang ukurannya hingga 3 MB dan jika di setiap artikel ada 4 gambar maka jelas akan mempengaruhi kecepatan loading sebuah halaman. 

Untuk mengatasinya, sebelum kita mengupload gambar terlebih dahulu lakukan compress. Misalnya dengan memperkecil ukuran,memperkecil ketajaman dan jangan menggunakan gambar terlalu banyak. 

Gunakan Photoscape untuk mengatur gambar agar tidak terlalu berat. 

4. Hapus Gambar Background Tema

Cara selanjutnya adalah dengan menghapus gambar backround tema kita. Gunakan warna dasar putih polos dan beri kombinasi pada menu header dan lainnya dengan warna-warna SEO, seperti biru hitam atau hijau. 

5. Tentukan Jumlah Postingan Pada Setiap Halaman

Memperbanyak jumlah postingan disetiap halaman juga mempengaruhi kecepatan loading page. Anda bisa mengaturnya melalui menu Tata Letak > Blog Post > Jumlah postingan halaman




Gunakan paling banyak 7 postingan per halaman.

Klik Simpan

Demikian ulasan tentang cara mempercepat loading page pada blog, agar calon pengunjungmu tidak terburu-buru berpindah ke situs lain. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel