Langkah Besar Sebelum Mendaftar Adsense

Pena-indigo.com - Bismillah, semoga bermanfaat! Kali ini saya mau berbagi tips sekaligus mencoba menjawab beberapa pertanyaan yang seringkali publisher tanyakan di forum-forum adsense. Umumnya, mereka bertanya tentang bagaimana caranya agar cepat memperoleh penghasilan rutin tiap bulannya. Adapula yang menanyakan tentang peringatan adsense kepada akun yang kedapatan melanggar ketentuan adsense sehingga mendapat hukukan berupa pembatasan iklan bahkan hingga banned alias tidak lagi bisa menampilkan iklan dengan akun tersebut. Berikut ini adalah pertanyaan-pertanyaan umum yang sering kami temui.



Langkah Awal Menampilkan Adsense di Blog Kita

Sebelum anda benar-benar bisa berpartisipasi dalam program iklan google adsense, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan antara lain:

-  Siapkan Menu Earning (Penghasilan) pada dashboard akun blogger


  • Caranya anda masuk ke menu Setting/pengaturan (icon roda gerigi)
  • Bahasa dan Pemformatan, atur bahasa menjadi Inggris Amerika Serikat ke English USA dan aktifkan transilterasi kepada Hindi       
  • Refresh halaman hingga muncul Menu earning dengan icon $ (dollar Amerika)
  • Jika sudah berhasil, maka disana anda akan diarahkan ke pendaftaran adsense
  • Link pendaftaran akan terbuka jika situs anda sudah memenuhi kriteria adsense
  • Jika domain atau nam situs anda berupa domain TLD, anda dapat mendaftarkan langsung ke adsense tanpa harus menunggu lama. Namun jika situs anda masih dihosting oleh blogspot atau wordpress biasanya membutuhkan waktu yang lebih lama

Bagaimana sih caranya agar blog/channel Youtube cepat diterima adsense? 

Pertanyaan seperti ini seringkali dilontarkan oleh mereka yang baru akan mulai atau mereka yang baru akan mencoba memulai di google adsense. 

Menurut kami, sebenarnya bukan suatu masalah jika ada yang bertanya seperti itu. Karena memang disamping sebagai penyalur hoby, blog dan channel Youtube bisa dimanfaatkan sebagai penghasilan sampingan. Mengapa penghasilan sampingan? Karena jika anda ingin mendapatkan penghasilan tetap bukan disini tempatnya. Penghasilan tetap bisa anda dapatkan dengan menjadi karyawan perusahaan atau pegawai pemerintah. 

Untuk menjawab pertanyaan tersebut diatas, kamu harus menanyakan terlebih dahulu kepada diri anda sendiri. Apakah anda sudah berniat serius menekuni pekerjaan anda? Jika sudah, lanjut dengan point selanjutnya. 

Patuhi Ketentuan Adsense

Jika anda akan masuk untuk bekerja di suatu perusahaan, maka yang perlu anda penuhi adalah mematuhi peraturan di perusahaan tersebut. Begitu pula ketika anda ingin bergabung dengan adsense. Anda harus memahami dan mematuhi peraturan yang dibuat oleh adsense. Berikut ini beberapa hal kecil yang sering dilakukan blogger pemula.
  • Konten duplikat
Jangan asal comot karya orang lain, disamping membodohi diri sendiri, copy paste sangat dibenci adsense. Kembangkan kemahiranmu mengolah kata dan membuat Video berkualitas. 

  • Bahasan yang Monoton dan Musiman
Mungkin jika ini diterapkan pada situs besar tidak menjadi masalah. Misalnya situs berita macam Tribun, detik atau kompas. Di situs-situs besar tersebut memang diperuntukkan kepada pengunjung dari berbagai macam latar. Sehingga bahasannya pun berbagai macam tema. Berbeda dengan situs blog yang baru akan dibangun. Yang dibutuhkan saat ini adalah bagaimana caranya agar situs banyak pengunjung secara terus menerus. Untuk menjawabnya, tidak lain adalah dengan konsisten memposting artikel dengan satu tema saja. Selain ramah SEO juga menunjukkan kadar profesionalitas sang pemilik situs. Tajam dan mendalam itulah keywordnya. 

Kapan Pin Adsense Bisa di dapatkan?

Pin Adsense adalah 6 digit nomor unik yang dikirimkan oleh google adsense kepada publisher yang telah memenuhi batas minimal penghasilan. Adapun batas minimalnya adalah $10, maka jika nilai tukar rupiah terhadap dollar 1:14.000 maka kemungkinan pin adsense bisa didapatkan ketika adsense mu sudah mencapai Rp. 140.000.

Pin Adsense dikirmkan melalui pos sesuai alamat yang anda kirimkan melalui akun adsense, yaitu dengan menggunakan kode post sesuai alamatmu berdomisili. Jadi, ketika kamu akan mengajukan permohonan pengiriman pin adsense yang kamu tulis adalah kode post saat ini kamu tinggal. Bukan alamat KTP. 

Seseorang terkadang dapat memperoleh pin adsense normalnya 7-30 hari setelah permohonan. Namun bisa juga lebih lama dari itu, tergantung tempat kamu berdomisili apakah letaknya jauh dari perkotaan atau tidak. 

Masalah yang sering terjadi ketika seseorang sudah mengajukan kode PIN Adsense yaitu ketika ia tidak juga menerima PIN walaupun sudah hampir berjalan 2 bulan. Jika ini terus terjadi, maka penghasilanmu akan hangus dan dianggap tidak memenuhi persyaratan adsense. 

Tetapi jangan terlalu khawatir, adsense memberikanmu 2 kali kesempatan lagi untuk mengirimkan alamat kode post. Saran saya, jika menggunakan KTP pertama kurang meyakinkan kamu bisa gunakan KTP saudara kamu yang beralamat sama denganmu. 

Bagaimana cara saya mendapatkan pembayaran dari Google Adsense?

Jika ambang batas minimum pembayaran adsense anda sudah mencukupi, maka bersiaplah untuk menerima gaji dari Google. Anda bisa mendapatkannya jika saldo adsense anda sudah mencapai $100 disetiap bulannya. Jika dalam satu bulan saldo anda belum mencukupi, maka akan di jumlahkan untuk bulan yang akan datang hingga batas minimum pembayaran sudah cukup.

Metode pembayaran bisa dilakukan melalui Bank Lokal maupun Internasional, Western Union atau dapat pula dengan bank elektronik (OVO dll). 

Kamu dapat memilih metode pembayaran tersebut dan dapat pula merubahnya kapan saja melalui akun adsense pada menu "Metode Pembayaran". 

Adsense akan mencoba mengirimkan sejumlah uang, biasanya kurang dari Rp. 100 sebagai percobaan apakah metode pembayaran yang kamu ajukan benar-benar lancar. Adsense akan mengirimkan pemberitahuan melalui Mail bahwa uang tersebut sudah dikirim dan kamu harus mengecek jumlahnya. Jika memang benar sudah masuk, maka jumlah uang tersebut harus kamu verifikasikan kepada adsense sebagai pertanda bahwa memang benar kiriman uang sudah sampai. 

Penghasilan dari google Adsense bisa ditransfer ke rekening bank setiap tanggal 21 di setiap bulannya. 

Bisakah Satu Alamat Email digunakan untuk lebih dari satu Adsense?

Jawabannya tidak boleh. Hal ini sesuai dengan ketentuan Adsense bahwa satu akun email hanya diperuntukkan satu akun adsense. Dengan satu akun adsense tersebut, anda bisa menambahkan beberapa situs sesuai selera.

Bisakah satu KTP digunakan untuk dua akun adsense?

Jawabannya juga tidak boleh, akun adsense hanya diperuntukkan bagi satu alamat KTP. Jika anda ingin menggunakan dua akun adsense, maka gunakanlah KTP yang berbeda. Anda bisa meminjam salah satu anggota keluarga atau milik tetangga.

Jika saya sudah terdaftar di adsense, apakah boleh menggunakan jaringan iklan lain?

Anda diperbolehkan untuk berpartisipasi dengan periklanan lain selain google adsense selama iklan tersebut tidak mengganggu atau menyalahi ketentuan adsense. Misalnya jika anda memasang iklan yang berbagu p*rn* atau yang lain.

Berapa Jumlah Postingan yang harus saya publish agar diterima adsense?

Adsense tidak memberi batasan berapa jumlah postingan/artikel sebagai syarat diterimanya di google adsense. Mereka lebih menilai kepada manfaat yang diberikan oleh postingan tersebut kepada pengunjung. Mereka juga sangat sensitif terhadap konten hasil copy paste, maka perhatikan benar-benar mengenai point ini.

Kapan sebaiknya blog saya didaftarkan ke google adsense? 

Anda dapat mendaftarkan blog kapanpun tidak menjadi masalah, tapi biasanya umur blog yang sudah lebih tua akan lebih mudah diterima adsense. Maka dari itu, sebelum anda mendaftarkan blog ke google adsense perhatikan poin-poin ini :

- Postingan murni tanpa Copas
- Satu artikel postingan minimal 500 kata atau paling tidak 300 kata
- Desain template responsive mobile friendly, jika perlu gunakan template blog berbayar
- Siapkan menu Halaman/Page yang berisikan About, Contact Us, Disclaimer dan Site Map
- Pasang Widget seperlunya saja, Label/kategory, Postingan terpopuler, Halaman/page, Archives dan    tambahkan akun medsos jika diperlukan.
- Jika ingin lebih cepat, gunakan domain TLD seperti contohnya blogmu.com, blogmu.co.id, blogmu.xyz dan lain lain

Jika semua point sudah terpenuhi mulailah kembangkan situs tersebut agar banyak dikunjungi orang. Karena point utama penghasilan dari adsense adalah jumlah pengunjung situs, bayangakan saja jika situs blog yang sudah dipasangi adsense ternyata pengunjung perharinya kurang dari 10 visitor.

Cara terbaik untuk menarik pengunjung adalah dengan cara bergaul dengan dunia luar. Maksudnya adalah sering bermain ke situs lain dan meninggalkan komen seadanya tanpa harus promosi. Atau dengan sharing melalui sosmed ke FB atau WA, kami sarankan agar sharingnya jangan terlalu sering, bisa-bisa kena pelanggaran kebijakan standar komunitas.

Cara lain yang tentu aman adalah, manfaatkan google webmastertool atau biasa juga disebut dengan Google Search Console. Dengan tools gratis dari google ini akan membantu meningkatkan performa dan kunjungan visitor situs. Untuk melakukannya akan kita bahas pada artikel selanjutnya.

Demikian beberapa tips yang bisa kami berikan tentang persiapan situs sebelum mendaftar Google adsense. Tinggalkan komentar jika ada ulasan yang kurang tepat. Terima kasih


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel