Teknik Dasar Penulisan Artikel Agar Menarik Pembaca

Banyak para blogger pemula timbul pertanyaan pada hatinya " kenapa ya. kok nggak ada yang tertarik dengan artikel ku?". Padahal semua kemampuan sudah dikeluarkan, banyak panduan menulis juga sudah dipelajari., tekhnik SEO tingkat tinggi juga bolak-balik di buka dan di serap ilmunya, tetapi nyatanya blog masih saja sepi pengunjung. Jangankan memperoleh penghasilan adsense, mau menaikkan traffic saja rasanya sangat berat.



Jawabannya mungkin ada pada diri anda sendiri, anda terlalu sibuk mempelajari SEO tingkat tinggi namun pada kenyataannya, anda melupakan tekhnik dasar pedoman penulisan artikel yang baik dan benar, sehingga mudah dipahami para pembaca dan bisa menarik mereka kembali berkunjung ke situs. 

Hal utama yang harus diperhatikan oleh para pedagang adalah mengemas semenarik mungkin barang dagangannya. Ia harus cermat barang apa yang sedang trending, orang lain mungkin enggan sekedar mampir untuk melihat barang yang dijajakan, sedangkan barang tersebut adalah barang yang sudah usang tak relevan dengan kemauan masa kini. Begitupun Niche suatu blog, jika anda bersikukuh dengan gaya-gaya anda sendiri tanpa memperhatikan kemauan para pengunjung, mungkin saja blog anda semakin lama akan semakin redup dan layu sebelum berkembang. 

Berikut ini 6 point dasar yang harus anda gunakan dimanapun anda akan menulis sebuah artikel sehingga tulisan anda menjadi menarik dan professional. 

  • Gunakan Sub Judul untuk memperjelas Judul Utama
Sebagai contoh saya gunakan judul pada artikel ini adalah 6 Teknik Penulisan Artikel yang Tak Pernah Terpikirkan oleh Anda, maka anda bisa jelaskan 6 point tersebut dalam bentuk sub-sub judul yang menerangkan tentang 6 teknik tersebut secara rinci hingga selesai.

  • Memberi ruang satu baris kosong di antara paragraf
Walaupun terlihat tidak begitu penting, tapi pada kenyataannya ini sangat berpengaruh pada penampilan blog kita. Coba anda perhatikan pada blog anda sendiri, sudahkah anda menyukai hasil karya tulis anda tersebut? Begitupun apa yang dipikirkan oleh para calon pengunjung, jika anda merasa artikel hasil karya sendiri tersebut kurang menarik, maka berusahalah memperhatikan hal-hal kecil sekalipun.

  • Pembuka dan penutup artikel yang proporsional
Anda tidak harus membeberkan inti artikel pada paragraf pertama, tetapi berusaha membuat para pembaca menjadi penasaran dan tertarik untuk membaca artikel hingga selesai. Sama halnya pada bagian akhir, berikan akhir yang terkesan bahwa artikel tersebut belum selesai sampai disana. Buat para pengunjung ingin membaca lagi hingga pokok bahasan benar-benar selesai walaupun harus menulis puluhan artikel hanya untuk membahas satu pokok bahasan.

  • Jangan terlalu memperpanjang baris paragraf
Tidak sedikit penulis yang beranggapan, bahwa dengan menulis dengan berbaris-baris banyaknya akan menjadi nilai tambah tersendiri. Namun kadang yang terlewatkan adalah ketika anda membahasnya terlalu panjang akan menghilangkan pokok pikiran pada paragraf tersebut. Anda cukup menuliskan 3 sampai 5 baris saja dalam setiap paragraf dengan inti bahasan yang mengena tepat pada pokok bahasan.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel